Mendulang Uang Di Dunia Maya

"Jika Anda Bisa Mengetik & Mengakses Internet, Anda Sudah Bisa Menciptakan Penghasilan Yang Melimpah Dari Internet...". Demikian kalimat yang terpampang dalam salah satu website yang menawarkan jasa peluang bisnis internet secara praktis. Tulisan tersebut cukup menyiratkan pesan bahwa kemudahan menghasilkan uang secara melimpah dan otomatis dari dunia maya itu.

Begitu mudahnya mendapatkan penghasilan yang ditawarkan pengelola bisnis reseller e-book, tentunya akan dapat menggiurkan bagi sebagian banyak orang. Hal ini karena sistem bisnis yang ditawarkan sangatlah sederhana dan mudah. Dengan harapan mendapatkan banyak uang tanpa harus kerja keras setiap harinya. Bahkan para pengelola bisnis internet itupun berani membuktikan keberhasilannya. Misalnya dengan menunjukan bukti rekening mereka yang ditampilkan pada bagian halaman website, untuk memperlihatkan keuntungan yang telah diperoleh.

Adam Yusfan Edwin sebagai CEO bisnisreseller.com mengungkapkan bisnis e-book (buku elektronik) ini merupakan bisnis online yang memiliki keuntungan besar dan dapat balik modal cepat. "Kalau kita hitung harga produk ebook kita Rp 50.000, dan dalam satu hari minimal terjual 1 Ebook, maka dalam 1 bulan bisa menghasilkan Rp 1.500.000, kalau dikurang sewa webhosting, domain, akses internet, transport. Dan itu sudah bisa Break Event Point (BEP) dalam satu bulan," ungkapnya kepada HC awal bulan lalu.

Ditambahkan Adam bisnis e-book ini pun tidak membutuhkan modal yang banyak, ia mengatakan modal umumnya hanya seputar web hosting dan nama domain saja. Misalkan untuk kualitas website yang memadai akan memakan biaya sekitar Rp 300.000 sampai Rp 700.000 pertahun. Lalu biaya lainnya adalah biaya pemilik e-book tersebut untuk akses internet dan berpromosi kalau memulai bisnisnya dari warnet, "Ya harus dihitung perbulan berapa lama onlinenya untuk berpromosi dan mengecek order," katanya.

Nah bagi Anda yang tertarik untuk menekuni bisnis e-book, jangan khawatir bisnis internet ini tidak diperuntukan bagi mereka yang ahli di bidang Information Technology (IT) saja. Sesuai yang dipaparkan oleh Adam, yang penting katanya adalah pengetahuan dasar tentang intenet seperti kirim atau baca email, browsing, upload atau download itu sudah lebih dari cukup. Dia pun menambahkan bahwa bisnis e-book ini bisa untuk kalangan siapa saja, bahkan ibu rumah tangga sekalipun. "Isinya mulai dari e-book berisi puisi, resep masakan dan tips mengatur ruang tamu, kamar tidur dan lain-lain. Jadi banyak sekali informasi yang bisa dijual di internet melalui e-book itu," ucapnya.

Menurut pria yang telah menekuni bisnis internet sejak 2002, mengatakan bisnis e-book ini dapat menjanjikan penghasilan yang besar, lantaran produk yang sangat mudah dijual di internet saat ini adalah informasi dan software. Dijelaskan Adam e-book (Electronic Book) merupakan buku elektronik, berupa file komputer yang bisa dibaca di komputer, PDA atau smart phone. Ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format htm, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Serta ada pula yang berbentuk format exe.

"Karena e-book bisa dicopy dan dijual kembali tanpa batas, bisa menjadi sarana promosi produk lain juga dalam e-book tersebut atau sebagai viral marketing," jawab Adam, memberikan alasannya tertarik menekuni bisnis e-book hingga saat ini. Kemudian dilanjutkannya, "Yang paling penting adalah informasi. Untuk memulai bisnis ebook kita harus memiliki informasi berharga, penting dan unik yang belum ada di tempat lain. Contoh misalnya saya bikin e-book berjudul "Cara singkat Menghasilkan 0 dalam 7 hari melalui google", Gimana menarik kan?," ujar Adam, yang harus dipersiapkan bagi pengusaha e-book.

Selanjutnya Adam pun memberikan kiat suksesnya dalam menjalankan bisnis e-book. Diantaranya ia menyebutkan, yaitu selalu temukan ide inovatif dalam menulis e-book, lalu katanya lagi temukan informasi-informasi baru, promosi dan terus promosi, terutama untuk meningkatkan ranking di search engine. Selain itu Adam menyampaikan apabila ingin menekuni bisnis e-book, maka pebisnis itu juga sebaiknya memiliki ciri khas terhadap produk yang akan ditawarkannya.

"Seluruh produk yang saya tawarkan adalah bikinan saya sendiri, bukan beli resell right, atau download e-book gratisan yang ada di internet. Seluruh produk e-book, software dan script yang saya jual di bisnisreseller.com memiliki hak jual kembali 100%. Jadi bagi pembeli produk saya berhak menjualnya kembali dan keuntungan 100% untuk mereka," kata Adam, memaparkan ciri khas produk e-book yang ia tawarkan.

Lantas Adam mengatakan tantangan yang harus dihadapi oleh pengelola bisnis e-book saat ini, yakni banyaknya spammers dan penipu-penipu di internet yang membuat rusak bisnis internet legal. Sehingga menurutnya calon pelanggan kadang ragu-ragu untuk bertransaksi dengan pengelola bisnis e-book itu. "Kadang untuk mereka yang ragu, saya minta mereka datang langsung dan bertemu dengan saya, apabila mereka di Jabodetabek," kata pria yang menjalankan bisnisnya di wilayah Bekasi, Jawa Barat ini.

Adapun kendala besar yang dihadapi oleh pengelola bisnis reseller e-book. Biasanya kata Adam terjadi saat membuat pelanggan itu percaya terhadap produk yang ditawarkannya. "Bahwa kita tidak akan menipu mereka, maklum sebagian besar pelanggan bertransaksi langsung transfer ke rekening tanpa kenal terlebih dahulu dengan kita," ungkapnya.

Sarjana komputer ini pun memberikan saran bagi Anda yang ingin mendulang uang melalui dunia maya tersebut. Ia menyarankan mulailah menggali potensi Anda sendiri untuk menjadi informasi yang berharga bagi orang lain. Adam mengatakan apabila Anda jago masak, Anda bisa bikin e-book tentang resep masakan. Lalu apabila Anda pandai membuat kerajinan tangan, itu juga bisa jadi informasi yang manarik. "Mulailah dari hal-hal yang sederhana tapi benar-benar kita kuasai," tutupnya. (Majalah Human Capital, Agustus 2007)